KSPM USU Gelar Seminar dan Talkshow NNSIF 2023, Hadirkan Investor Terbesar Indonesia

KSPM USU Gelar Seminar dan Talkshow NNSIF 2023, Hadirkan Investor Terbesar Indonesia

MODERATOR Talkshow NNSIF 2023 memimpin acara talkshow bersama para narasumber di Gelanggang Mahasiswa USU, Sabtu (21/10/2023). (FOTO : HO)

VERITASUNIKA.COM, MEDAN – Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Universitas Sumatera Utara (USU)  melaksanakan Seminar dan Talkshow National North Sumatera Investment Festival (NNSIF) 2023  pada Sabtu ( 21/10/2023) di Gelanggang Mahasiswa Pintu 1 USU. Kegiatan ini mengusung tema “Venturing Beyond  The Future  of Investing To Face Uncertainties”.

Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan minat mahasiswa tentang betapa pentingnya berinvestasi dimasa muda guna mencapai financial freedom ditengah ketidakpastian Perekonomian.

Acara dibuka dengan sapaan pembuka oleh MC kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu Nasional, penyambutan dengan tarian penyambutan, dan doa pembuka. Lalu acara ini dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan oleh Ketua panitia NNSIF 2023, Direktur KSPM USU, Direktur Kemahasiswaan (Ditmawa) USU, dan terakhir disusul oleh Kepala Cabang BNI Sekuritas.

Untuk pemaparan materi seminar NNSIF  dipaparkan oleh Ilham Trierasyidi selaku Senior Community Specialist @ PINTU dengan memaparkan materi Crypto Currency. Dalam materinya Ilham memaparkan tips-tips untuk berinvestasi bagi para audience yaitu platform yang digunakan harus berada di bawah pengawasan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), jangan menggunakan uang panas ketika berinvestasi, dan gunakan strategi “Dollar Cost Averaging”.

Diakhir sesi pertama ini, diadakan tanya jawab dan para audience terlihat sangat antusias mengikuti sesi ini terlihat dari banyaknya mahasiswa yang mengajukan pertanyaan kepada pembicara. Setelah selesai pemaparan materi, diadakan ice breaking singkat dengan memainkan permainan kahoot. Permainan yang dimainkan tidak terlepas dari permainan mengasah otak yang mana dalam permainanan ini berisi pertanyaaan-pertanyaan seputar isi dari materi seminar sebelumnya. Dari permainan ini menghasilkan tiga orang pemenang yang masing-masing pemenang akan mendapatkan hadiah.

Setelah sesi ice breaking selesai, dilanjutkan dengan sesi yang paling utama yaitu Talkshow NNSIF yang dimoderatori oleh bapak Richie Chen selaku Broker Dealer at BNI Sekuritas dengan tema “Ventoring Beyond The Future of Investing To Face Uncertainties”  dengan narasumber yaitu Lo Kheng Hong  yang dikenal sebagai value investor besar di Indonesia dan juga M. Pintor Nasution selaku Kepala Kantor (Bursa Efek Indonesia) BEI wilayah Sumatera Utara.

Talkshow ini diisi pertanyaan-pertanyaan seputar latar belakang Lo Kheng Hong dalam memulai karirnya sebagai investor. Dalam talkshow Lo Kheng Honhg mengatakan kalau gaji naik, pengeluran tidak naik supaya uangnya bisa ditabung untuk membeli saham. Kalau gaji naik dan pengeluran naik, maka tidak ada sisa uang untuk membeli saham.

”Ketika saya memilih untuk mulai berinvestasi saya melihat annual report. Itulah dasar segala-galanya bagi saya. Di situlah saya bisa melihat para pengendali perusahaan, apakah mereka orang-orang yang jujur dan berintegritas atau tidak. Kalau tidak itu akan berbahaya bagi saya,” ujarnya.

Menurutnya, jika seorang investor ingin menjadi investor yang sukses, maka lihatlah laporan keuangan perusahaan itu, karena itu adalah kunci keberhasilan investor dalam berinvestasi.

Di penghujung sesi M. Pintor Nasution juga membagikan saran bagi generasi muda sekarang dalam hal berinvestasi. “Generasi sekarang cepat berubah dan cepat ingin tahu, saran untuk pemula cari dulu pengetahuannya, jangan untungnya. Kita harus tambah dulu pengetahuan leher ke atas baru ngomongin returnnya, pelajari dulu risikonya baru returnnya akan datang sendiri,” tegasnya

Seorang peserta seminar, Marta yang merupakan mahasiswa FE Unika Santo Thomas mengungkapkan kekagumannya selama mengikuti seminar dan talkshow. ”Saya merasa sangat senang karena bisa turut  hadir dalam acara ini dan bisa mendapat ilmu  yang sumbernya langsung dari pembicara ternama seperti bapak Lo Kheng Hong,” ujar Marta kepada VERITASUNIKA.COM pada Sabtu ( 21/10/2023). (Pradipa Insani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *