Peringati Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda, Mahasiswi Kampus Mengajar Gelar Festival di SDN 0606049

Peringati Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda, Mahasiswi Kampus Mengajar Gelar Festival di SDN 0606049

PELAKSANAAN festival di UPT SD Negeri 066049 Medan untuk memperingati Bulan Bahasa dan Hari Sumpah Pemuda tahun 2023 yang dilaksanakan pada Sabtu (28/10/2023). (FOTO: PUTRI THERESIA NAINGGOLAN)

VERITASUNIKA.COM, MEDAN – Mahasiswi Kampus Mengajar Angkatan 6 mengadakan festival pada Sabtu (28/10/2023) di UPT SD Negeri 066049 Medan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati Bulan Bahasa dan Hari Sumpah Pemuda tahun 2023.

Festival tersebut dirangkai dengan sebuah penampilan yang tidak hanya dimeriahkan oleh peserta didik saja tetapi mahasiswi Kampus Mengajar Angkatan 6 turut serta juga. Rangkaian penampilan festival tersebut berupa tarian yang ditampilkan oleh mahasiswi Kampus Mengajar Angkatan 6, yel-yel ditampilkan oleh kelas I-III, puisi ditampilkan oleh kelas IV, duet ditampilkan oleh kelas IV dan V, pantun ditampilkan oleh kelas V, dan vokal grup ditampilkan oleh kelas VI.

Selain untuk memperingati Bulan Bahasa dan Hari Sumpah Pemuda, festival ini juga dimaksudkan untuk menguatkan tekad dalam memelihara semangat berbahasa dan berbudaya. Tema festival yang diusung adalah “Generasi Cerdas Berbahasa dan Berbudaya” dengan sub tema, “Dengan adanya festival bulan Bahasa dan Hari Sumpah Pemuda yang diadakan oleh Mahasiswi Kampus Mengajar Angkatan 6 bisa meningkatkan keterampilan berbahasa dan berbudaya untuk seluruh siswa UPT SD Negeri 066049”.

Marsaulina Hutasoit selaku Guru Pamong dari Kampus Mengajar Angkatan 6 UPT SD Negeri 066049 mengatakan dirinya senang bisa menyaksikan setiap penampilan yang dipertunjukkan oleh setiap peserta didik. Semoga dengan adanya kegiatan festival tersebut dapat memberikan semangat dan motivasi kepada peserta didik agar dapat menjadi generasi muda yang cerdas dalam berbahasa dan berbudaya.

“Untuk Mahasiswi Kampus Mengajar 6, alangkah baiknya dalam memeriahkan bulan Bahasa dan Hari Sumpah Pemuda dikolaborasikan dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah. Semoga dapat diakomodir di kegiatan berikutnya,” kata Marsaulina, Sabtu (28/10/2023).

Sementara itu Ketua Kampus Mengajar 6, Selvia Alicia menyampaikan terima kasih kepada peserta didik yang turut serta dalam memeriahkan Bulan Bahasa dan Hari Sumpah Pemuda. Mereka telah menampilkan kemampuannya secara maksimal.

“Harapannya, seluruh peserta didik harus memiliki keinginan tampil di depan menampilkan kemampuan yang masing-masing dimiliki. Jangan takut salah atau ditertawakan karena itulah yang menjadi awal kita dalam proses berkarya,” katanya kepada VERITASUNIKA.COM, Sabtu (28/10/2023). (Putri Theresia Nainggolan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *