Sepuluh Strategi Perkuliahan Bagi Mahasiswa Baru di Kampus

Sepuluh Strategi Perkuliahan Bagi Mahasiswa Baru di Kampus

ILUSTRASI mahasiswa baru yang menjalani perkuliahan di perguruan tinggi. (FOTO: SEVIMA.COM)

VERITASUNIKA.COM, UNIKA – MENYANDANG status mahasiswa adalah impian yang tidak semua orang dapat menjamahnya. Bagi yang berhasil menjamah impian tersebut, hal ini dianggap sebagai sebuah langkah besar menuju kemandirian dan penemuan identitas diri.

Namun, menjadi mahasiswa bukanlah pekerjaan mudah. Beragam tantangan, suka, dan duka sudah menunggu mahasiswa setiap waktu. Salah satu tantangan tersebut adalah tantangan akademik yang cukup tinggi. Dalam hal ini, mahasiswa dituntut untuk dapat menerima dan mengaplikasikan materi pelajaran yang diterima di kampus setiap hari. Dengan demikian, nilai setiap semester pun sesuai dengan yang diinginkan.

Tantangan lainnya adalah lingkungan kampus menghadirkan banyak kondisi sosial dan emosional. Artinya, mahasiswa harus mampu beradaptasi dengan kehidupan kampus yang jauh berbeda dengan kehidupan di sekolah. Belum lagi bagi mahasiswa yang tinggal jauh dari orang tua. Rasa rindu, kesepian, dan tekanan sosial sudah pasti menghampiri.

Namun, tantangan-tantangan ini tak mungkin dihindari, justru sebaiknya harus dihadapi dengan strategi yang baik. Jika disiati dengan strategi yang baik, maka tantangan-tantangan yang ada menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sehingga tampil sebagai mahasiswa yang berhasil dan menginspirasi.

Bagi mahasiswa baru yang saat ini sudah memulai perkuliahan, kamu wajib mengetahui strategi apa saja yang dapat dilakukan selama menjadi mahasiswa. Berikut sepuluh strategi yang sudah dirangkum penulis berdasarkan pengalaman pribadi dan teman-teman.

1. Berkeliling Kampus dan Lingkungan Sekitar

Sebelum memulai kuliah, mahasiswa baru sebaiknya menyiapkan waktu beberapa hari untuk berkeliling kampus dan lingkungan sekitar. Di kampus, mahasiswa harus memahami lokasi ruang kuliah, perpustakaan, ruang dosen, kantin, sekretariat lembaga kemahasiswaan, dan tempat lainnya. Sedangkan di lingkungan sekitar, mahasiswa dapat mengetahui di mana tempat makan, laundry, jasa kurir, bank, atau tempat hiburan. Hal ini akan membantu kamu dalam menjalankan kehidupan kampus sehari-hari.

2. Kenali Fakultas, Program Studi, dan Dosen

Ketika sudah memutuskan kuliah di fakultas dan program studi (prodi) pilihanmu, maka kamu wajib mencari tahu siapa saja dosen di fakultas dan prodimu. Cari informasi mereka dari kakak senior ataupun di website kampus. Ketika mengetahui informasi tentang mereka, kamu akan menemukan mata kuliah dan dosen yang sesuai dengan peminatan akademikmu.

3. Siapkan Perlengkapan dan Bahan Kuliah

Pastikan kamu sudah memiliki perlengkapan dan bahan kuliah yang dibutuhkan sebelum kuliah dimulai. Misalnya: laptop atau komputer, buku teks, alat tulis, dan perangkat lunak yang mungkin diperlukan untuk kamu seperti: kalkulator, software perkuliahan, sistem informasi akademik, dan lain-lain. Dengan memiliki semua ini, maka kamu dapat belajar dengan tenang dan semakin fokus pada pembelajaran.

4. Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Kehidupan kuliah membutuhkan fisik dan mental yang baik. Karena itu jagalah kesehatan fisik dan mentalmu selama kuliah. Pastikan kamu menjaga pola makan yang sehat, cukup tidur, dan berolahraga secara teratur. Jangan ragu untuk mencari dukungan jika kamu mengalami stres atau masalah kesehatan mental. Boleh datang ke biro konseling di kampus tempatmu kuliah. Biasanya kampus menyediakan layanan konseling untuk mahasiswanya.

5. Bergabung dengan Organisasi Mahasiswa

Selama menjadi mahasiswa, bergabunglah dengan organisasi mahasiswa intra atau ekstra kampus yang sesuai dengan minatmu. Dengan memasuki organisasi mahasiswa, sejatinya kamu tidak hanya mengembangkan minat, tetapi juga mempunyai peluang untuk berprestasi, mendapatkan uang dari hobi, dan menambah jejaring. Bukan tidak mungkin, jejaring ini yang akan membantumu saat menghadapi kesulitan perkuliahan saat menemukan masalah sehari-hari, atau menjadi pembuka jalan saat mencari pekerjaan.

6. Manajemen Waktu dengan Disiplin

Jangan khawatir meskipun punya jadwal yang padat karena kegiatanmu sudah bertambah karena ikut berorganisasi. Semua ini dapat dijalani sepanjang kamu dapat memanajemen waktumu dengan disiplin. Caranya, setiap awal pekan, catatlah jadwal dan pekerjaan yang akan kamu lakukan selama satu pekan di buku agenda atau di gadgetmu. Setiap bangun tidur ceklah pekerjaan apa yang akan kamu lakukan hari itu dengan disiplin. Kemudian sebelum tidur, cek kembali pekerjaan yang sudah selesai dan pekerjaan yang masih harus dilanjutkan.

7. Cari Dukungan Ketika Ada Masalah

Seperti yang sudah disebutkan di awal, kehidupan kampus berbeda dengan kehidupan sekolah. Tantangan yang dihadapi saat kuliah tak jarang membuat mahasiswa mengalami sebuah kondisi yang membutuhkan dukungan. Jangan ragu untuk mencari dukungan dari berbagai pihak seperti: teman sekelas, teman indekos, teman organisasi, atau dari dosen pembimbing akademik ketika kamu menemukan masalah dan membutuhkan dukungan.

8. Pahami Kebijakan Kampus

Penting bagi kamu untuk memahami kebijakan dan prosedur kampus seperti: tata tertib mahasiswa, tata terbit perkuliahan, kebijakan akademik, dan peraturan lainnya. Ketika memahami seluruh kebijakan ini, akan membantu kamu menghindari beragam masalah dan dapat menjalankan kehidupan kampus dengan baik.

9. Ikutlah Berkomeptisi

Untuk melihat seberapa berprestasi kamu secara akademik dan nonakademik, tak bisa berpatokan hanya dengan melihat indeks prestasi (IP) saja. Ikutlah berkompetisi terutama kompetisi yang diselenggarakan di luar kampus dan diikuti mahasiswa dari berbagai kampus di seluruh Indonesia. Dengan berkompetisi di luar, maka kamu dapat mengukur sejauh mana prestasimu dibandingkan mahasiswa dari kampus lain.

10. Jangan Lupa Berlibur

Ingatlah, kehidupan kampus (kuliah), tak melulu hanya bercerita tentang belajar, meneliti, atau berorganisasi. Ada kalanya, kamu ingin istirahat sejenak dari penatnya kehidupan kampus. Hal ini sangat wajar. Jangan lupa untuk berlibur saat kampus tidak ada perkuliahan atau sedang libur. Liburan ini penting bagi kamu untuk melepaskan kepenatan atau sekadar mencharge (mengisi) pikiranmu dengan ide-ide yang baru. Temukan teman sefrekuensi dan rencanakanlah liburan.

Demikian sepuluh strategi yang dapat dilakukan mahasiswa baru saat menjalani kehidupan kampus. Semoga dapat menjadi referensi bagi kamu dalam menjalani kehidupan kampus sehari-sehari. Selamat mencoba. (Truly Okto Purba)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *