Kamu Mahasiswa dan Sering Overthinking? Ini Tips Menghindarinya

Kamu Mahasiswa dan Sering Overthinking? Ini Tips Menghindarinya

Cara agar terhindar dari Overthinking. (Foto: egypt.com)

UNIKA, VERITASUNIKA.COM – Menurut Dictionary of Psychology dari American Psychological Associaton overthinking adalah pemikiran obsesif (berulang) yang melibatkan pemikiran atau tema yang berlebihan dan berulang yang mengganggu bentuk aktivitas mental lainnya. Pada umumnya, overthinking akan menimbulkan dampak negatif bagi diri kita sendiri. Hal ini disebabkan karena kerap kali kita selalu memikirkan hal yang belum terjadi atau bahkan tidak akan terjadi sama sekali dan tentunya itu akan mengganggu pikiran bahkan mental kita.

Dewasa ini, banyak sekali anak muda khususnya kaum mahasiswa yang sering mengalami overthinking. Hal ini dikarenakan mahasiswa menganggap tugas-tugas kuliah merupakan sebuah beban sehingga mereka terlalu menggunakan pikiran mereka secara berlebihan untuk memikirkan tugas-tugas tersebut. Sehingga pikiran mereka terdoktrin bahwa mereka tidak akan mampu menyelesaikan tugas-tugas dengan baik dan maksimal. Selain tugas, banyak sekali hal yang menyebabkan mahasiswa sering overthinking dan hal ini tentunya tidak bisa dibiarkan begitu saja. Seluruh mahasiswa harus mampu mengelola pemikirannya dengan baik dan mulai berpikir positif setiap harinya.

Nah, berikut ini tips-tips yang dapat kamu lakukan untuk menghindari overthinking

1. Berpikir Rasional

Berpikir rasional artinya, jikalau kita ingin mengambil sebuah keputusan maka kita harus mempertimbangkannya secara logis, sehat dan cocok dengan akal. Kita juga harus memandang bahwa target yang kita punya bukan sebagai beban tetapi motivasi. Sehingga, kita akan mudah melakukan sesuatu hal dengan mencapai target yang memuaskan sesuai dengan harapan kita.

2. Melakukan Hobby atau Kegiatan yang Disukai

Saat kita melakukan hobby atau kegiatan yang disukai, maka kita akan fokus untuk mengerjakan dan melakukan hal tersebut. Sehingga kita cenderung tidak memikirkan hal-hal yang membuat kita overthinking. Selain itu, melakukan hal-hal yang disukai juga dapat menaikkan mood dan hari – hari yang kita jalani akan terasa menyenangkan.

3. Mulailah Menulis

Terkadang pikiran-pikiran yang ada di kepala memang sangat banyak dan berkaitan satu sama lain sehingga sering kali membuat kita pusing bahkan stress. Nah, untuk menghilangkan itu semua maka mulailah menulis. Karena menulis dapat membantu kita untuk memahami segala emosi dan memberi ruang untuk meluapkannya dengan menuangkan semua yang kita pikirkan dalam sebuah tulisan. Semakin sering menulis otot kesadaran pun semakin kuat dan akan terlihat dari perubahan sikap, pola dan perilaku hingga keputusan-keputusan yang kita ambil setiap hari.

4. Self Talk

Self Talk yang dimaksud di sini adalah mulailah memberikan atau berbicara hal-hal baik dan positif kepada diri sendiri. Hal-hal yang dimaksud dapat berupa motivasi, optimisme dan harapan untuk mencapai tujuan. Selain itu, kita harus meyakinkan diri bahwa setiap kali kita mengerjakan sesuatu, kita sudah melakukan yang terbaik.

5. Membuka Pikiran

Membuka pikiran atau sering disebut dengan open minded bukan berarti kita menerima semua pendapat dan menelannya mentah-mentah. Tapi dengan memiliki pemikiran yang terbuka artinya kita mampu berpikir secara luas sehingga kita mudah menerima orang baru, tidak gampang membenci orang, tidak mudah berprasangka buruk terhadap orang lain dan akan lebih optimis dalam mengerjakan suatu hal. Tentunya hal-hal tersebut berpengaruh baik dan membuat kita terhindar dari overthinking.

6. Bersyukur atas Hidup yang Kita Miliki

Merasa kurang dan tidak mensyukuri hidup akan terus membuat kita cemas dan semakin menambah beban pikiran. Oleh karena itu, bersyukurlah atas kehidupan yang kita miliki dan mulailah menghargai hal-hal kecil yang kita lakukan. Coba untuk melihat sekitar kita dengan pemikiran yang baik bahwasanya di luar sana masih banyak orang yang tidak seberuntung kita. Dengan mulai mensyukuri hidup yang kita miliki, maka hal-hal baik akan mulai datang kepada kita dan tentunya ini akan menghindari kita dari overthinking.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan ketika kamu sedang overthinking. Percayalah hidup akan lebih baik jika kita dapat terlepas dari pikiran-pikiran negatif yang sama sekali belum tentu terjadi. Semoga tips ini bermanfaat dan semangat selalu! (Valentina Br Ginting)

Referensi

Anisa, J. (2022, November 25). Memahami Fenomena Overthinking Berdasarkan Psikologi dan Bagaimana Mengatasinya. edukasi.okezone.com. https://edukasi.okezone.com/amp/2022/11/25/65/2714784/memahami-fenomena-overthinking-berdasarkan-psikologi-dan-bagaimana-mengatasinya

Damayanti, N. R. (2022, Juli 13 ). Sering Overthinking? Ini Tips dari Psikolog UGM Untuk Mahasiswa. detik.com. https://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/2503-tips-mengatasi-overthinking-yang-sering-melanda-pikiran-anak-muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *