Tumbuhkan Semangat Menulis, Komunitas Veritas Laksanakan Kelas Menulis Berita

Tumbuhkan Semangat Menulis, Komunitas Veritas Laksanakan Kelas Menulis Berita

UNIKA, VERITASUNIKA.COM – Komunitas Veritas Unika Santo Thomas Medan melaksanakan kelas menulis berita secara online via zoom meeting, Sabtu (27/03/2021).

Kelas menulis berita ini turut dihadiri 12 peserta. Kegiatan ini  dilakukan untuk memberi pemahaman dan melatih kemampuan  anggota dalam menulis sebuah berita.

Dalam hal ini,Koordinator Website, Gayatri Karolina mengatakan, kelas menulis berita ini dilaksanakan untuk melatih kemampuan anggota untuk menulis berita, baik dari menulis berita dengan teknik Straight News dan bagaimana Teknik Reportase dan wawancara yang baik dan benar.

“Dalam pelaksanaan kelas menulis kali ini, saya sebagai koordinator website memilih Josua Sirait dan Veronika Situmorang untuk menjadi pemateri dalam kelas menulis berita, hal ini dikarenakan mereka juga merupakan seorang reporter di Majalah Global Insights Unika Medan, yang dimana mereka  sudah mempunyai background yang cukup baik dalam menulis berita. ” kata Gayatri Kepada VERITASUNIKA.COM, Sabtu (27/03/2021).

Gayatri menjelaskan lebih lanjut, kelas menulis berita akan dibagi kedalam dua sesi. Sesi pertama yang dibawakan oleh Josua Sirait lebih memfokuskan pada gambaran umum penulisan berita, memahami penulisan berita dengan teknik straight news, dan menulis berita dengan piramida terbalik. Sedangkan sesi kedua  dibawakan oleh Veronika Situmorang yang memfokuskan pada gambaran reportase dan wawancara secara umum kemudian menjelaskan bagaiamana teknik dan tahapan wawancara yang baik dan benar.

Salah satu peserta kelas menulis, Isnuryani mengatakan kelas menulis berita ini sangat bagus untuk dilakukan oleh divisi webiste sebab dengan kelas ini mampu pemahaman anggota untuk menulis berita.

“Saya merasa senang dengan adanya kelas menulis berita ini karena dengan adanya kelas menulis ini membantu saya untuk menulis berita yang baik dan benar,” tutur isnuryani. (Marta Nefiria Halawa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *