Tingkatkan Kapasitas Anggota, Komunitas Veritas Laksanakan Kelas Menulis Karya Ilmiah

Tingkatkan Kapasitas Anggota, Komunitas Veritas Laksanakan Kelas Menulis Karya Ilmiah

UNIKA, VERITASUNIKA.COM – Komunitas Veritas Unika Santo Thomas melaksanakan kelas menulis karya ilmiah secara online via zoom meeting selama dua hari yaitu Sabtu (06/03/2021) dan Sabtu (13/03/2021).

Kelas menulis yan dihadiri 13 peserta ini dilakukan untuk memperdalam kapasitas dan pengetahuan anggota komunitas Veritas terutama Anggota biasa dalam menulis karya ilmiah yang baik dan benar.

Koordinator Karya Ilmiah Komunitas Veritas, Isnuryani mengatakan, kelas menulis karya ilmiah ini dilaksanakan untuk terus mengasah kemampuan anggota dalam membuat karya ilmiah mulai dari menggali ide, menulis judul yang menarik, dan membuat sistematika penulisan karya ilmiah itu sendiri.

“Pelaksanaan kelas menulis karya ilmiah merupakan kelas bulanan yang wajib dilaksanakan oleh koordinator karya ilmiah. Pelaksanaannya bekerjasama dengan para alumni ataupun anggota penuh yang mempunyai background yang cukup baik dalam karya ilmiah. Alumni dan anggota penuh diajak untuk menjadi pemateri dalam sesi kelas menulis untuk membagi pengalaman serta tips dan trik menulis karya ilmiah yang baik dan benar,” kata Isnuryani kepada VERITASUNIKA.COM, Sabtu (6/3/2021).

Isnuryani menjelaskan,  sehubungan dengan dilakukannya ajang bergengsi, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021, maka kelas menulis karya ilmiah ini lebih banyak menjelaskan cara pembuatan proposal PKM.

Pada hari Sabtu (6/3/2021), materi dibawakan Ransoter Marbun selaku mantan Ketua BPH Komunitas Veritas 2019-2020. Ransoter mengajak peserta untuk membahas tentang: menggali ide proposal PKM, membuat judul proposal PKM, bab 1 dan bab 2 proposal PKM. Kemudian cara membuat bab 3 dan bab 4 proposal PKM, daftar pustaka dan hal-hal kecil yang harus diperhatikan dalam penulisan karya ilmiah dibawakan oleh Putri Fortuna Nainggolan, Sabtu (13/3/2021).

Salah satu pemateri kelas menulis karya ilmiah, Ransoter Marbun dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada BPH atas kepercayaan yang diberikan kepada dirinya untuk membawakan materi kelas menulis karya ilmiah. Ia berharap dengan materi yang diberikan dapat membantu anggota Komunitas Veritas dalam membuat karya ilmiah.

“Saya berharap dengan materi ini, teman-teman dapat lebih mengerti dan memahami pembuatan karya ilmiah. Sehingga kita dapat menghasilkan karya ilmiah yang bagus dan bisa memenangkan berbagai lomba untuk karya ilmiah,” tukas Ransoter

Di sisi lain, Herlina Christin Leonardy yang merupakan anggota biasa mengatakan kelas menulis karya ilmiah ini sangat bagus untuk dilakukan. Hal itu dikarenakan kegiatan ini sejalan dengan pembuatan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang sedang ia ikuti.

“Saya sangat senang dengan adanya kelas menulis ini dikarenakan dilakukan disaat waktu yang tepat dengan pembuatan Proposal PKM. Saya harap dengan materi dan contoh yang diberikan oleh pemateri dapat saya aplikasikan dalam penulisan proposal saya ini,” kata Herlina. (Josua Sirait)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *