Anggota Komunitas Veritas Ikuti Pelatihan Kehumasan Universitas Katolik Santo Thomas

PELAKSANAAN Pelatihan Kehumasan yang dilaksanakan Universitas Katolik Santo Thomas di Gedung Rektorat, Kamis (10/08/2023). Dua anggota Komunitas Veritas turut serta dalam pelatihan tersebut. (FOTO: DOK UNIKA SANTO THOMAS)

VERITASUNIKA.COM, UNIKA – Dua anggota Komunitas Veritas Unika Santo Thomas mengikuti Pelatihan Kehumasan yang diselenggarakan oleh Universitas Katolik Santo Thomas di Gedung Rektorat Lantai III pada Kamis (10/8/2023).

Pelatihan ini dilaksanakan secara offline dengan mengundang sebanyak tiga pemateri dengan topik yang berbeda. Adapun ketiga topik yang dibawakan adalah “Teknik Menulis Berita’ yang dibawa oleh Truly Okto Purba yang merupakan Jurnalis Tribun Medan; “Humas di Era Digital” yang dibawa oleh Hendrik Naipospos yang merupakan Dosen Ilmu Komunikasi USU dan praktisi media; dan “Branding Kampus dengan Teknik SEO” yang dibawakan oleh Royandi Hutasoit yang merupakan Head Medsos MNC Portal Indonesia.

Setelah topik selesai, panitia membuka sesi tanya jawab untuk memberikan kesempatan kepada peserta bertanya mengenai materi yang belum dipahami. Khususnya pada topik pertama, pemateri memberikan tugas kepada peserta untuk membuat kerangka berita secara singkat dan memaparkannya. Tujuannya untuk mengetahui sampai di mana pemahaman peserta dalam menulis berita.

Pada akhir acara diadakan games yang di mana peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Dalam games tersebut berisi pertanyaan-pertanyaan tentang semua materi yang sudah dipaparkan oleh setiap pemateri. Dan kelompok yang berhasil memenangkannya games tersebut, mendapatkan hadiah buku yang diberikan pada setiap anggota kelompok pemenang.

Dalam kesempatan ini, dua orang anggota Komunitas Veritas mengikuti pelatihan tersebut. Keduanya adalah: Putri Theresia Nainggolan (FKIP) dan Putri Theresia Simarmata (Fakultas Ekonomi).

Putri Theresia Nainggolan mengatakan, dirinya merasa sangat senang dapat mengikuti pelatihan tersebut, dan berharap ke depannya Unika dapat membuat pelatihan-pelatihan lain yang membantu mahasiswa meningkatkan skillnya.

“Saya senang bisa mengikuti pelatihan ini, meskipun awalnya saya merasa pelatihan ini mungkin tidak begitu berhubungan dengan jurusan saya. Namun, materi yag sudah diapaparkan membuka mata saya tentang pentingnya komunikasi dalam dunia teknologi,” ujar Putri Theresia Nainggolan, akhir Agsutus lalu.

Putri berharap untuk ke depannya, Unika dapat mengadakan lebih banyak pelatihan-pelatihan lainnya agar mahasiswa bisa terus mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan dunia industri. (Putri Theresia Simarmata)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *