Tingkatkan Kesadaran Hukum, Fakultas Hukum Unika Medan Gelar Seminar Hukum Tingkat SMA/SMK Se-Kota Medan

Tingkatkan Kesadaran Hukum, Fakultas Hukum Unika Medan Gelar Seminar Hukum Tingkat SMA/SMK Se-Kota Medan

Fakulas Hukum Universitas Katolik Santo Thomas melaksanakan seminar hukum pada Sabtu (1/4/2023) di Aula Magna Lt.3 Perpustakaan Universitas Katolik Santo Thomas. (Foto: HO)

UNIKA, VERITASUNIKA.COM – Fakulas Hukum Universitas Katolik Santo Thomas (FH Unika) melaksanakan seminar hukum tingkat SMA/SMK se-kota Medan di Aula Magna Lt.3 Perpustakaan Universitas Katolik Santo Thomas, Jalan Setia Budi No.479 F, Tanjung Sari, Kota Medan Sumatera Utara, Sabtu (1/4/2023). 

Seminar ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian mahasiswa Fakultas Hukum terhadap maraknya kenakalan remaja, serta meningkatkan kesadaran dalam menjawab tantangan globalisasi dan digitalisasi terlebih kepada generasi muda yang masih duduk di tingkat SMA/SMK.

Kegiatan ini dibuka deangan registrasi tamu undangan dan peserta seminar, selanjutnya pembukaan dari MC, doa pembuka oleh Romo Jeffrey, menyanyikan lagu indonesia raya dan lagu Mars Unika “Omnibus Omnia”. 

Selanjutnya, adanya penyampaian kata sambutan dari ketua panitia yaitu Adven Sitorus, Dekan Fakultas Hukum Unika yang diwakili oleh Ibu Ica Karina, S.H, M.H., BEM FH Unika (Mujur Manalu), ketua Ikatan Keluarga Alumni (Saut Turnip, S.H.), Kepala Polrestabes Medan Bapak Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda, S.H., M.H. yang diwakilkan oleh Wakasat Reskrim Polrestabes Medan AKP Madianta Br Ginting, S.H., M.H.

Dilanjutkan dengan berbagai pemaparan materi dari Khamazaro Waruwu, S.H., M.H. (Hakim PN Medan) tentang pentingnya dan wajib menegakkan hukum, AKP Madianta Br Ginting, S.H., M.H. (Wakasat Reskrim Polrestabes Medan) tentang mengenal hukum sebagai pedoman tingkah laku, Pantun Marajohan Simbolon, S.H., M.H. ( Kepala Subseksi A pada Seksi Intelejen Kejaksaan Negeri Medan) dan Asepte Gaugle Ginting, S.H., M.H. (Jaksa Fungsional pada Seksi Intelejen Kejaksaan Negeri Medan)  tentang kenali hukum jauhi hukuman, dan Sahat Turnip, S.H., (Advokat dan sekaligus Ketua IKA UNIKA) mengenai probono.

Setiap pemateri memaparkan materinya dan memberikan ruang sesi tanya jawab. Selain itu, setiap memulai pemateri baru akan dibuka dengan iringan lagu. 

Dengan adanya seminar ini harapannya, peserta yang mengikuti seminar ini dapat memahami hukum yang ada agar dapat terhindar dari maraknya kenakalan remaja. Hal ini sama dengan harapan Jaksa Asepta Ginting yang dalam diskusinya berharap pelajar SMA/SMK untuk lebih mengenal hukum dan menjauhi hukuman sebegai kata kunci dalam berperilaku di kehidupan sehari-hari. 

”Saya sangat apresiasi terhadap peserta yang aktif mengikuti kegiatan tersebut. Juga terhadap para narasumber yang memberikan kesan dan pesan juga yang tak terlupakan bagi para peserta. Karena juga narasumber yang hadir adalah para penegak hukum diantara Waka Satreskrim Polrestabes Medan, Kejari, Hakim PN Medan, Advokat, Akademisi. Semoga dengan diadakannya seminar hukum ini, menjadi pengingat bagi kita semua akan pentingnya kesadaran hukum,” ujar Adventius Rotama Sitorus selaku ketua panitia seminar

Setelah semua kegiatan selesai dilakukan foto bersama narasumber dan seluruh peserta seminar dan ditutup dengan Doa penutup yang dibawakan oleh Romo. (Sapna Nainggolan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *