Memperingati Hari Pers Nasional, Gubsu Gelar Seminar

Memperingati Hari Pers Nasional, Gubsu Gelar Seminar

Valentina Br Ginting mewakili Universitas Katolik Santo Thomas dalam Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Gubernur Sumatera Utara di Aula Rajainal Siregar Lantai 2 Kantor Gubernur Sumatera Utara pada Rabu, (08/02/2023). (Foto: Valentina Br Ginting)

UNIKA, VERITASUNIKA.COM – Gubernur Sumatera Utara gelar Seminar Nasional dengan tema “Dana Bagi Hasil Perkebunan Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Daerah” di Aula Rajainal Siregar Lantai 2 Kantor Gubernur Sumatera Utara pada Rabu, (08/02/2023).

Seminar ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Pers Nasional 2023 dan Sumatera Utara pada tahun ini diberi kesempatan menjadi tuan rumah dalam perayaan hari Pers Nasional 2023 tersebut.

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai pejabat dan mahasiswa yang ada di kota Medan dan narasumber lainnya. Valentina Br Ginting terpilih sebagai mahasiswa yang mewakili Universitas Katolik Santo Thomas untuk menghadiri seminar nasional ini.

Dalam kegiatan kali ini, dilaksanakan secara dua sesi, sesi pertama dengan topik “Dana Bagi Hasil Perkebunan Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Daerah”. Narasumber pada sesi pertama ini sebanyak 8 orang.

“Dana Bagi Hasil (DBH) Sawit mungkin bisa dialokasikan Bea Keluar atau PE produk CPO dan turunannya. DBH seyogyanya dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah untuk mendukung pengembangan industri sawit yang kondusif agar industri sawit menghasilkan multiplier effect yang semakin luas,” ujar Dr. Ismail Sinaga yang merupakan Kepala Badan Keuangan Provinsi Sumatera Utara selaku narasumber terakhir dalam sesi tersebut.

Setelah sesi pertama selesai, maka dilanjutkan ke sesi yang kedua. Topik yang dibahas pada sesi ini adalah “Kontribusi Komoditas Sawit Sebagai Penggerak Perekonomian Nasional Saat dan Pasca Krisis Pandemi Covid-19”. Pada sesi ini dibahas sebesar apa peran sawit bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia dan bagaimana sawit dapat menopang ekonomi Indonesia pasca pandemi Covid-19.

Joko Supriyono yang merupakan Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mengatakan bahwa saat ini, Indonesia merupakan negara penghasil sawit terbesar di dunia dengan luas lahan sawit mencapai 10 juta ha.

Setelah selesai memaparkan materi, dibuka sesi tanya jawab antara peserta dan narasumber. Para peserta tampak antusias dalam menanyakan seputar topik yang dibahas dan yang dipaparkan oleh narasumber. Dengan berakhirnya sesi tanya jawab maka berakhir pula kegiatan seminar tersebut dan di akhir acara panitia memberikan hadiah kepada para peserta yang mengajukan pertanyaan pada saat sesi tanya jawab.  (Valentina Br Ginting)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *