Untuk Keempat Kalinya, Anggota Komunitas Veritas Wakili Unika Santo Thomas ke Pilmapres 2020, Ini Dia Orangnya

Untuk Keempat Kalinya, Anggota Komunitas Veritas Wakili Unika Santo Thomas ke Pilmapres 2020, Ini Dia Orangnya
ANGGOTA Komunitas Veritas yang mengikuti seleksi Pilmapres Unika Santo Thomas, Putri Fortuna Nainggolan (atas), Moni Simarmata (kiri) dan Abdi Zebua (kanan).(FOTO: DOK PRIBADI)

UNIKA, VERITASUNIKA.COM – Universitas Katolik (Unika) Santo Thomas Medan kembali mengadakan seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2020 tingkat universitas. Berhubung dalam kondisi pandemi Covid-19 yang mengharuskan physical distancing dan jaga jarak, maka seleksi berlangsung secara online, Senin (15/06/2020). Wakil Rektor III Unika Santo Thomas Medan, Patricius Sipayung dan Dosen Fakultas Teknik Arsitektur Unika Santo Thomas, Shanty Silitonga menjadi juri dalam seleksi online ini.

Pada seleksi tingkat universitas, Komunitas Veritas mengirimkan tiga anggota untuk mengikuti seleksi. Dan ternyata ketiganya berhasil memborong tiga gelar juara yakni juara pertama, juara kedua, dan juara ketiga.

Juara pertama diraih Putri Fortuna Nainggolan, mahasiswa Fakultas Ekonomi prodi Akuntansi stambuk 2017. Juara kedua Moni Simarmata mahasiswa Fakultas Ekonomi prodi Akuntasi stambuk 2017 dan  juara ketiga diraih Abdi Zebua mahasiswa Fakultas Pertanian prodi Agribisnis stambuk 2017.

Dengan keberhasilan Putri menjadi juara pertama, maka dirinya berhak mewakili universitas ke tahap selanjutnya untuk bersaing dengan seluruh kampus di Indonesia di PILMAPRES 2020.   “Rasanya senang sekali bisa menjadi wakil Unika Santo Thomas Medan,” kata Putri kepada VERITASUNIKA.COM, Minggu (5/7/2020).

Pada seleksi tingkat universitas, Putri menyajikan karya ilmiah berjudul  “Strategy of Management Fisheries at Pangkalan Brandan to reform Fisherman in Sustainable Development Goals”. Moni menyajikan karya ilmiah berjudul “Produktifitas Pengembangan Ketenagakerjaan di Sumatera Utara Untuk Meningkatkan Ekonomi Nasional Dalam Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”.

Sedangkan Abdi menyajikan karya ilmiah berjudul “Pengembangan Potensi Sumber Daya Pangan Lokal Sumatera Utara Sebagai Upaya Penganekaragaman Konsumsi Makanan dalam Mencapai Tujuan Kedaulatan Pangan Demi Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”.

Dengan keberhasilan Putri menjadi Mapres (Mahasiswa Berprestasi) mewakili Unika Santo Thomas Medan, maka sudah empat kali berturut-turut anggota Komunitas Veritas menjadi wakil Unika Santo Thomas Medan di Pilmapres.

Tahun 2017 Unika Santo Thomas Medan diwakili Artika Manik (Fakultas Ekonomi Manajemen angkatan 2014), tahun 2018 diwakili Frengki Syaputra Purba (Fakultas Ekonomi Akuntansi angkatan 2016), dan tahun 2019 diwakili Abdi Zebua (Fakultas Pertanian Agribisnis angkatan 2017).

Lolos Verifikasi Berkas

Putri mengatakan, seleksi tingkat universitas dilakukan secara online dengan memanfaatkan aplikasi Zoom. Setelah lolos dari seleksi tingkat universitas, dirinya kemudian mengikuti seleksi verifikasi berkas dengan mengirimkan beberapa dokumen seperti transkrip IPK, beberpa surat kelakuan baik, bukti administrasi perwakilan dari kampus, KTP dan beberapa dokumen lainnya yang dibutuhkan.

“Pada seleksi verifikasi berkas ini, saya dinyatakan lolos untuk maju ke Tahap 1. Total berkas yang lolos verifikasi sebanyak 646 kampus dari seluruh Indonesia,” kata Putri.

Dikatakan Putri, setelah lolos seleksi verifikasi berkas, dirinya kemudian mengikuti  seleksi Tahap 1 secara online berupa CBT (Computer Based Test) tentang Wawasan Kebangsaan dan Bahasa Inggris melalui website Pilmapres kemdikbud (https://pilmapres.kemdikbud.go.id/) pada hari Kamis (2/7/2020) lalu. Seleksi diadakan serentak seluruh Indonesia berdasarkan pembagian waktu WIB, WIT dan WITA.

“Hasil dari seleksi ini akan diumumkan pada tanggal 21 Juli mendatang. Semoga saya lolos ke seleksi berikutnya berupa seleksi karya ilmiah/gagasan kreatif,” lanjut Putri.

Di seleksi Tahap 2, kata Putri, hanya ada minimal satu mahasiswa perwakilan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan satu perwakilan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dari masing-masing wilayah LLDIKTI ( Universitas Katolik Santo Thomas di LLDIKTI Wilayah 1) yang akan menjadi perwakilan yang lolos.

“Mereka-mereka yang lolos inilah yang berhak masuk ke babak final. Jadi persaingannya lumayan berat. Begitupun, mohon doanya dari semua teman-teman, semoga saya berhasil lolos,” kata Putri.(Frengki Syaputra Purba)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *