Frengki Purba Wakil Unika ke Pilmapres Kopertis Wilayah 1

Frengki Purba Wakil Unika ke Pilmapres Kopertis Wilayah 1

UNIKA,VERITAS – Dua anggota Komunitas Veritas yakni Frengki Syahputra Purba dan Hari Kristian Samosir meraih juara 1 dan 2 Seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmaprres) tingkat Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara yang dilaksanakan Jumat (23/3/2018) di ruang rapat Fakultas Pertanian.

Sebanyak empat finalis menjadi perwakilan tingkat untuk diseleksi di babak final ini. Frengki Syaputra Purba adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Akuntansi semester 4 dan Hari Kristian, mahasiswa Fakultas Sastra Inggris semester 2. Sedangkan dua finalis fakultas lainnya adalah: Yuni Lorentika (perwakilan Fakultas Hukum) dan Yesika Agustina (perwakilan Fakultas Pertanian).

Anggota dewan juri, Patricius Sipayung mengatakan, seleksi Pilmapres yang mereka gelar merupakan rangkaian seleksi untuk memilih satu perwakilan yang akan mewakili Unika Santo Thomas seleksi tingkat Kopertis Wilayah 1 dan selanjutnya jika lolos akan menjadi wakil Kopertis Wilayah 1 di tingkat nasional.

“Ada empat aspek penilaian dalam seleksi ini dan disesuikan dengan standar penilaian Pilmapres yakni: Indeks Prestasi Kumulatif (bobot 20 persen), karya ilmiah dan pemaparan (30 persen), capaian prestasi non akademis (25 persen), dan kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa asing lainnya (bobot 25 persen),” kata Patricius di sela-sela seleksi, Maret lalu.

FRENGKI Syahputra Purba (kiri) bersama Hari Kristian Samosir (kanan). (DOK PRIBADI)

Patricius mengatakan, penilaian peserta dilakukan secara individu. Masing-masing finalis diberikan kesempatan untuk memaparkan karya ilmiahnya, menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris, memaparkan prestasi akademis dan non akademis dan alasan kenapa mereka layak tampil mewakili Unika Santo Thomas di Pilmapres. Selain pemaparan, tanya jawab antara finalis dan dewan juri.

Dari hasil seleksi, dewan juri memutuskan Frengki Syahputra Purba meraih juara pertama dan Hari Krristian Samosir sebagai juara kedua. Sebagai penghargaan,para finalis mendapatkan hadiah uang tunai dan prioritas mendapatkan beasiswa PPA dari Kemenristekdikti tahun 2018/2019.  Khusus untuk Frengki, ditetapkan menjadi wakil Unika Santo Thomas dalam seleksi Pilmapres tingkat Kopertis Wilayah I.

Dalam seleksi ini Frengki Syaputra Purba menyajikan karya ilmiah berjudul: Strategi Pengembangan Pariwisata di Sumatera Utara untuk Pengentasan Kemiskinan dalam Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”.

Bagi Frengki, menjadi wakil Unika Santo Thomas ke seleksi Pilmapres tingkat Kopertis Wilayah 1 adalah hal yang membanggakan. Dalam seleksi yang ebrlangsung di Hotel Grand Kanaya tanggal 9-10 April 2018, dirinya harus bersaing dengan wakil dari 280-an PTS dan PTN di seluruh Sumatera Utara untuk memperebutkan enam tempat di seleksi tingkat nasional.

“Seleksi di tingkat Kopertis terbagi dalam tiga tahap yakni presentasi karya ilmiah, interview summary dengan menggunakan bahasa inggris, dan tahap terakhir adalah wawancara mengenai prestasi yang telah diraih oleh perwakilan setiap kampus,” kata Frengki.

Setelah melalui seleksi selama dua hari, kata Frengki, dirinya harus menerima kenyataan, gagal lolos ke seleksi tingkat nasional. Namun, dirinya tak kecewa dan bertekad belajar dari kekurangan yang ada untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi di Pilmapres tahun berikutnya.

“Saya bangga dengan capaian ini. Semoga apa yang saya lakukan menjadi penyemangat buat saya dan juga mahasiswa lain untuk berjuang menjadi yang terbaik,” katanya.(Ransoter Marbun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *