Buka Pintu Rumah Cukup Pakai iPhone

Buka Pintu Rumah Cukup Pakai iPhone

RAKSASA teknologi Amerika Serikat, Apple, dikabarkan sedang mengerjakan fitur untuk mengganti fungsi kunci dengan iPhone melalui pengerjaan iOS 12. Perubahan ini dilakukan dengan meningkatkan sistem pada NFC atau near-field communication yang tersemat di perangkat iPhone.

Nantinya, iPhone memiliki kemampuan untuk mengunci maupun membuka pintu rumah. Chip tersebut bahkan bisa membuka pintu mobil dan membayar ongkos kendaraan umum seperti kita menggunakan kartu e-money.

Sebelumnya, chip tersebut sebagian besar hanya dipergunakan untuk melakukan pembayaran menggunakan fitur Apple Pay. Sistem NFC juga bisa digunakan di beberapa sektor, salah satunya sektor kesehatan.

Dilansir situs Mashable, Rabu (30/5/2018), isu ini berkembang karena penemuan salinan acara peluncuran iOS 12 pada 4-8 Juni dalam acara tahunan Apple, Worldwide Developers Conference 2018.

Dilaporkan pula bahwa pihak Apple telah berusah mengembangkan teknologi ini sejak 14 tahun silam bersama dengan sebuah perusahaan identitas keamanan bernama HID Global.

Sebenarnya, iPhone sudah bisa digunakan untuk membuka smart lock melalui Bluetooth. Hanya saja, NFC diklaim sebagai opsi yang lebih aman daripada Bluetooth karena cara menggunakannya yang tidak perlu terhubung melalui gelombang jarak jauh (ditempel).

Setelah fitur baru ini tersedia, iPhone dari keluaran tahun 2014 ke atas dapat menggunakan fitur baru tersebut dengan melakukan update OS.(viva.co.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *