Tentang Veritas Unika

SEJARAH
PADA tanggal 23 November 2012, resmi berdiri Komunitas Veritas di Fakultas Ekonomi Unika Santo Thomas Medan. Komunitas Veritas mengkhususkan aktivitasnya pada kegiatan membaca, menulis dan meneliti. Namun, dalam perkembangannya, mahasiswa dari fakultas lain pun ikut bergabung, seperti dari Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik. Saat itu anggota yang aktif mengikuti kegiatan-kegiatan berjumlah 15-20 orang.

Kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan Komunitas Veritas selama ini adalah: menyelenggarakan workshop karya ilmiah, latihan menulis setiap dua minggu sekali, mengirim tulisan-tulisan anggota ke media cetak dan mengikuti lomba-lomba penulisan yang dilaksanakan pihak-pihak di luar Komunitas Veritas.

Selain program-program tersebut di atas, program kerja lainnya yang telah dilaksanakan adalah penerbitan majalah mahasiswa ”VERITAS UNIKA”. Program kerja ini ditanggungjawabi oleh Divisi Majalah Mahasiswa di Badan Pengurus Harian (BPH) Komunitas Veritas Unika Santo Thomas Medan.

Tak bisa dipungkiri, tidak sedikit mahasiswa Unika Santo Thomas Medan yang memiliki minat dan bakat dalam bidang menulis maupun meneliti. Namun, kampus belum memiliki media internal untuk melatih minat dan bakat tersebut atau menerbitkan tulisan-tulisan mahasiswa. Sementara untuk mengirimkan ke media cetak komersial di Medan, masih banyak mahasiswa yang belum berani (ragu). Mahasiswa takut karyanya ditolak.

Di lain pihak, anggota-anggota Komunitas Veritas juga banyak menghasilkan tulisan-tulisan yang tidak seluruhnya dapat ditampung oleh media cetak komersial di Medan. Sehingga majalah mahasiswa bisa menjadi alternatif untuk menerbitkan tulisan-tulisan anggota-anggota Komunitas Veritas. Hal inilah melatarbelakangi, mengapa majalah VERITAS UNIKA diterbitkan.

Selama lima tahun, majalah VERITAS UNIKA terbit versi cetak (print) sebanyak 13 edisi. Tetapi, faktor biaya produksi yang terus meningkat dan kendala teknis lainnya, membuat Komunitas Veritas selaku penerbit VERITAS UNIKA menghentikan penerbitan VERITAS UNIKA dengan format cetak (print) sejak mulai edisi 14 (Juli-September 2018) dan mengalihkannya ke format online.

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud

  1. Sarana berlatih bagi seluruh mahasiswa Unika Santo Thomas Medan untuk menuangkan ide, pikiran, gagasan dan hasil penelitian dalam bentuk tulisan
  2. Media alternatif bagi anggota Komunitas Veritas untuk mempublikasikan karya-karyanya
  3. Dengan mengelola sebuah majalah mahasiswa, mahasiswa yang tergabung di dalamnya bisa belajar beroganisasi, memanajemen diri, bekerjasama dengan orang lain dan memanajemen waktu.

Tujuan

TERCIPTANYA sebuah penerbitan internal mahasiswa yang mampu menempa mahasiswa Unika Santo Thomas Medan sebagai insan-insan yang mampu mengamalkan Tri Darma Perguruan Tinggi dalam bidang Penelitian dan Penulisan serta menjadi cikal bakal media alternatif yang berpengaruh di level mahasiswa di Sumatera Utara.

PENAMAAN

PENAMAAN penerbitan ini berlandaskan dua hal yakni: (1) lembaga yang menerbitkan (VERITAS) dan (2) institusi pendidikan tempat lembaga bernaung (UNIKA). Dengan demikian, maka namanya adalah VERITAS UNIKA. VERITAS diambil dari bahasa Latin yang artinya “KEBENARAN”.

MOTTO VERITAS UNIKA

MOTTO majalah adalah kalimat pendek yang menggambarkan latar belakang, maksud dan tujuan VERITAS UNIKA ini didirikan. Adapun motto VERITAS adalah “Berani Menulis Dimanapun Medannya”.

Motto ini diharapkan memberikan semangat kepada semua civitas akademika Unika Santo Thomas Medan, khususnya mahasiswa agar berani menuangkan ide, pikiran, gagasan dan hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan. “Medannya” artinya jenis medianya. Artinya, harus berani menulis di koran, majalah dan tabloid baik terbitan Medan maupun luar Medan.

RUBRIKASI

RUBRIKASI di VERITAS UNIKA pada dasarnya tidak mengalami perubahan setelah beralih format dari cetak (print) ke online. Hanya saja dilakukan modifikasi nama rubrik agar terlihat lebih singkat dan mudah dibaca. Misalnya pada versi cetak ada rubrik Mahasiswa Berprestasi dan Alumni Kita, maka di versi online digabungkan dan diubah menjadi Inspirasi. Selanjutnya rubrik Intra Kampus dan Ekstra Kampus digabungkan dan diubah menjadi Intra-Ekstra.

Selain Inspirasi dan Intra-Ekstra, rubrik lainnya yang hadir di veritasunika.com adalah: Jalan-jalan, Kabar Berita, Opini, Rehat, Info dan Komunitas Veritas. Jalan-jalan menampilkan tulisan tentang pariwisata dan segala aktivitasnya, Kabar Berita berisi berita-berita straight news tentang kegiatan mahasiswa Unika Santo Thomas Medan, institusi Unika Santo Thomas, kegiatan Komunitas Veritas dan feature tentang isu-isu kemahasiswaan baik dalam lingkup Unika Santo Thomas maupun di luar Unika Santo Thomas.

Selanjutnya rubrik Opini bersisi artikel kiriman pembaca yang berisi pendapat atau tanggapan terkait sebuah isu yang sedang berkembang di masyarakat. Rehat berisi tulisan-tulisan berupa karya sastra seperti: cerpen, puisi, tips, karikatur, anekdot, resensi, tekno, dan zodiak. Komunitas Veritas merupakan rubrik yang berisi sejarah Komunitas Veritas sebagai pencetus ide majalah VERITAS UNIKA, susunan pengurus, dan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan.

Sebagai pelengkap, veritasunika.com juga mempunyai rubrik Info yang berisi segala informasi ataupun pengumuman yang berkaitan dengan mahasiswa misalnya lomba menulis, beasiswa, pelatihan-pelatihan, seminar dan lain-lain. Tak ketinggalan ada rubrik Video yang mendokumentasikan seluruh kegiatan-kegiatan Komunitas Veritas dalam gambar bergerak.

SUSUNAN REDAKSI

  • Penerbit : Komunitas Veritas Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Pelindung : Rektor Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Penasehat : Wakil Rektor III Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Pembina : Truly Okto H. Purba, SE, M.Si
  • Pemimpin Redaksi : Frengki Syahputra Purba
  • Editor   : Artika Vicentia Manik, Linah Siregar, Lisbet Siahaan
  • Reporter  : Debora Sidabutar, Elseriani Nainggolan, Frederika Sarumaha, Hari Kristian Samosir, Liria Tarigan, Moni Simarmata, Pondang Siallagan, Putri Fortuna Nainggolan, Ransoter Marbun, Roymando Hutabarat
  • Kontributor : Desi Debora Lumbangaol, Elisabet Lelly Giawa
  • Alamat Redaksi, Iklan, Sirkulasi: Jl. Setia Budi No. 479 F, Tanjung Sari, Medan 20132, Telp: 061-8210161, HP: 082386095310, 085372640513
  • Website : veritasunika.com
  • Email : komunitasveritasust@gmail.com
  • Blog : veritasunika.wordpress.com
  • Facebook  : Persma Veritas Unika
  • Twitter : Majalah Veritas Unika
  • Instagram : komunitasveritasust

SYARAT PENGIRIMAN TULISAN

VERITAS UNIKA menerima kiriman naskah yang berkaitan dengan rubrikasi VERITAS UNIKA dari seluruh civitas akademika Unika Santo Thomas Medan maupun dari luar civitas akademika. Naskah diketik rapi, memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Tulisan diharapkan orisinil dan bukan jiplakan. Untuk cerpen (7.000-8.000 karakter tanpa spasi), artikel (3.000-4.000 karakter), puisi (maksimal 1.500 karakter dan puisi yang dikirimkan minimal 3 puisi), opini (6.000-7.000 karakter tanpa spasi), resensi (2.000-3.000 karakter tanpa spasi) dan berita kampus (1.500-3.000 karakter tanpa spasi).

Semua naskah dapat dikirim melalui email, messanger facebook atau melalui personel redaksi VERITAS UNIKA. Sertakan identitas singkat saat mengirim naskah. Tulisanyang dimuat akan mendapat suvenir menarik dari majalah Veritas Unika.