Anggota Komunitas Veritas, Josua Sirait Juara Tiga Lomba Menulis Peringatan Bulan Bung Karno 2020, Segini Hadiah yang Diterima

Anggota Komunitas Veritas, Josua Sirait Juara Tiga Lomba Menulis Peringatan Bulan Bung Karno 2020, Segini Hadiah yang Diterima
JOSUA Sirait menjadi juara tiga Lomba Menulis Artikel dalam rangka Peringatan Bulan Bung Karno tahun 2020 yang diselenggarakan oleh DPD PDI Perjuangan Sumatera Utara. (FOTO: DOK VERITAS UNIKA)

UNIKA, VERITASUNIKA.COM – Anggota Komunitas Veritas Josua Sirait, berhasil menjadi juara tiga dalam ajang  Lomba Menulis Artikel dalam rangka Peringatan Bulan Bung Karno tahun 2020 yang diselenggarakan oleh DPD PDI Perjuangan Sumatera Utara.

Penyerahan hadiah untuk para pemenang dilaksanakan di Kantor DPD PDI perjuangan Sumut, Rabu (15/7/2020). Penyerahan hadiah turut dihadiri Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting, pengurus DPD PDI Perjuangan Sumut dan para pemenang.

Sebelum penyerahan hadiah, pengumuman telah dilakukan secara virtual melalui perayaan Peringatan Bulan Bung Karno 2020 melalui Zoom, Senin (13/7/2020).

Pada lomba bertema “Biografi, Sejarah, Pemikiran, Ajaran Bung Karno, Pancasila, Intoleransi dan Kebangsaan” ini, Josua mengikuti kategori Mahasiswa. Josua mengirimkan satu artikel yang berjudul: “Membumikan Pancasila, Merawat Kebhinekaan Indonesia”

Ternyata, artikel yang dikirimkan Josua menarik perhatian dewan juri dan menempatkannya sebagai juara tiga. Juara pertama diraih Zefri Ansari (mahasiswa Pascasarjana UMSU medan) dengan judul “Akulah Soekarno) dan juara dua menjadi milik Doddy Rogabe Forgiver Manik (mahasiswa Agroteknologi Fakultas Pertanian USU) dengan judul artikel “Mewarisi Nilai-nilai Pancasila”.

“Dalam artikel yang saya tulis, saya  berpendapat keberadaan Pancasila dimaknai sebagai perekat kebhinekaan di Indonesia yang mampu menyatukan masyarakat dari beragam suku, agama, ras, kepercayaan, dan budaya sejak zaman penjajahan hingga kini. Dan dengan Pancasila pula, rakyat Indonesia hidup berdampingan secara rukun dan harmonis,” kata Josua kepada VERITASUNIKA.COM, Sabtu (18/7/2020).

Dikatakan Josua, melalui artikel yang ia tulis, dirinya mengajak masyarakat Indonesia merawat kebhinekaan. Memperjuangkan cita-cita Bung Karo mencerminkan nilai-nilai yang ada dalam sila pancasila yakni: Ketuhanan, Kemanusiaan, Kesatuan, Kemasyarakatan, dan Keadilan. Lima sila ini pun lahir dengan berlandaskan kebudayaan, karakter dan tradisi-tradisi yang bersumber dari masyarakat Indonesia.

PENYERAHAN hadiah kepada para pemenang lomba menulis di kantor DPD PDI Perjuangan Sumut, Rabu (15/7/2020). (FOTO: DOK VERITAS UNIKA)

 “Ini lomba kelima yang saya ikuti sejak aktif di Komunitas Veritas Unika Santo Thomas. Setelah berkali-kali mencoba berlomba, tangan ini akhirnya berhasil mengangkat piala bertuliskan kemenangan,” katanya.

Memang benar usaha tidak mengkhianati hasil. Atas kerja kerasnya itu pula ia berhasil membawa pulang piagam, sertifikat dan uang tunai. Berapa uang tunai yang Josua terima.

“Jumlahnya lumayanlah, cukup untuk menambah uang kuliah semester ganjil nanti,” ujarnya, dan kemudian tersenyum.

Josua Siarait merupakan Mahasiswa jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Santo Thomas Medan yang kini duduk di Semester III.

Sementara itu Ketua Komunitas Veritas Unika Santo Thomas Medan, Ransoter Marbun mengatakan, prestasiyang diraih Josua menambah koleksi gelar juara anggota-anggota Komunitas Veritas Unika Santo Thomas.

Sebelumnya di bulan Juni, anggota Komunitas Veritas yakni Putri Fortuna Nainggolan yang merupakan mahasiswi jurusan Akuntansi menjadi Mahasiswa Berprestasi (Mapres) mewakili Unika Santo Thomas di ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2020.

“Kami berharap, prestasi-prestasi ini menjadi semangat bagi anggota Komunitas Veritas khususnya dan mahasiswa Unika Santo Thomas Medan pada umumnya untuk terus bersemangat meraih prestasi,” katanya.(Putri Fortuna Nainggolan)

Artikel Josua selengkapnya dapat dibaca di link berikut; https://m.perjuangansumut.com/read/membumikan-pancasila-merawat-kebhinnekaan-indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *