Singkirkan Ratusan Karya, Dua Mahasiswa Fakultas Ekonomi Raih Juara Vlog Tingkat Nasional Kemendikbud

Singkirkan Ratusan Karya, Dua Mahasiswa Fakultas Ekonomi Raih Juara Vlog Tingkat Nasional Kemendikbud

UNIKA,VERITASUNIKA.COM – Dua mahasiswa Fakultas Ekonomi Unika Santo Thomas Medan berhasil meraih juara harapan pada Lomba Vlog Apresiasi Pendidikan Keluarga yang digelar Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan Keluarga (Kemendikbud) tahun 2019.

Kedua mahasiswa Fakultas Ekonomi tersebut berasal dari jurusan Manajemen yakni Cristhian Darmawan Simanjuntak dan Yotam Terkelin Lase. Penyerahan hadiah untuk para pemenang telah dilaksanakan di Hotel Menara Peninsula Jakarta dan Balai Kartini Jakarta, Selasa-Kamis (5-7/11/2019).

Cristhian mengatakan, tahun ini, tema lomba mengambil tema besar “BU LIKE: Budaya Literasi Keluarga”. Lewat tema lomba ini, para peserta diajak berlomba di tiga jenis lomba yakni: lomba jurnalistik, lomba opini, lomba blog, dan lomba vlog dengan merekam segala aktivitas-aktivitas literasi yang dilakukan masyarakat dan keluarga. “Kategori lomba terbagi untuk kelompok jurnalis dan kelompok umum. Saya dan Yotam ikut dalam lomba vlog dan tergabung di kelompok umum,” kata Cristhian kepada VERITASUNIKA.COM, Kamis (14/11/2019).

Untuk kategori lomba vlog, Cristhian membuat vlog dengan judul:  “Membaca dengan Suara Nyaring, Kreativitas Literasi Keluarga dari Desa Kolam” dengan link youtube di: https://youtu.be/oZetAvbZhyk. Sedangkan Yotam membuat vlog dengan judul: “Semangat Literasi dari Perpustakaan Terapung” dengan link youtube di https://youtu.be/flxlpUhZhRk.

Baik Cristhian dan Yotam mengaku, meskipun tidak mendapat juara pertama dan hanya kebgian juara harapan, keduanya sangat bangga karena karena telah berkompetisi bersama ratusan vlog dari 34 provinsi. “Saya sangat senang bisa meraih juara harapan dalam perlombaan ini. Apalagi lomba ini merupakan kali pertama saya mengikuti kejuaraan tingkat nasional dan langsung meraih juara,” kata Cristhian.

Dikatakan Cristhian, dalam lomba vlog, ada ratusan peserta yang ikut mengirimkan karya-karya terbaik mereka. “Saya senang luar biasa, karena berhasil menyingkirkan ratusan karya untuk meraih gelar juara ini,” ujarnya.

Sementara itu Yotam mengatakan, prestasi yang ia raih menjadi langkah awal yang baik baginya untuk meraih prestasi-prestasi di lomba berikutnya. “Semoga dengan prestasi ini bisa menjadi memotivasi buat saya untuk terus belajar dan membenah diri demi mengembangkan potensi yang ada pada diri saya,” kata Yotam.

Sebagai juara harapan, Cristhian dan Yotam mendapatkan hadiah antara lain: uang tunai, voucher belanja Brizzi, paket buku, dan suvenir dari berbagai sponsor.(Josua Sirait)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *