Empat Kegiatan Meriahkan Festival Veritas (Festa) 2018, Satu Diantaranya Lomba Menulis Tingkat Nasional

Empat Kegiatan Meriahkan Festival Veritas (Festa) 2018, Satu Diantaranya Lomba Menulis Tingkat Nasional

UNIKA, VERITASUNIKA.COM – Komunitas Veritas Unika Santo Thomas Medan untuk kali ketiga menggelar Festival Veritas (FESTA) 2018. Ada empat kegiatan yang digelar terkait rangkaian FESTA 2018 ini yakni: Seminar Kepenulisan “Menghasilkan Uang dari Blog Pribadi”, Lomba Groufie Ulang Tahun Komunitas Veritas ke-6, Perayaan Ulang Tahun Komunitas Veritas-6, Peluncuran Website www.veritasunika.com, dan Lomba Menulis Cerpen, Puisi, dan Opini Tingkat Nasional.

Kegiatan pertama dimulai dengan melaksanakan Seminar Kepenulisan “Menghasilkan Uang dari Blog Pribadi” yang dilaksanakan di Aula Unika Santo Thomas Meda, Sabtu (24/11/2018). Hadir sebagai pembicara dalam seminar ini adalah Tonggo Simangunsong, seorang blogger dan mantan jurnalis Medan Bisnis. Meski persiapan untuk seminar ini tidak panjang, namun seminar belangsung dengan sukses dan diikuti sekitar 130 peserta.

“Kebanyakan yang hadir adalah mahasiswa dari berbagai fakultas di Unika Santo Thomas, tetapi ada juga peserta yang datang dari USU dan dari Kabanjahe,” kata Abdi, Sabtu (22/12/2018).

“Lewat seminarr ini, kami ingin mengajak seluruh peserta berpikir untuk berkarya dan menghasilkan uang dengan mudah. Apa lagi di zaman now sekarang ini, semua sudah serba canggih. Jika kita dapat memanfaatkan teknologi dengan baik, maka bukan tidak mungkin kita tidak dapat menghasilkan uang,” kata Abdi.

PEMBICARA Tonggo Simangunsong memberikan materi dalam Seminar Kepenulisan “Menghasilkan Uang dari Blog Pribadi” di Aula Unika Santo Thomas Medan, Sabtu (24/11/2018). (FOTO: NITA SURTIKA)
KETUA BPH Komunitas Veritas, Frengki Syaputra Purba (kiri) memberikan cenderamata kepada Tonggo Simangunsong, usai memberikan materi dalam Seminar Kepenulisan “Menghasilkan Uang dari Blog Pribadi” di Aula Unika Santo Thomas Medan, Sabtu (24/11/2018). (FOTO: NITA SURTIKA)

Pantauan VERITASUNIKA.COM, dalam paparannya saat seminar, Tonggo selaku pembicara memaparkan tentang apa itu blog, cara membuat blog, strategi menulis artikel yg bail di blog, meningkatkan traffic (pengunjung) blog, dan tips menghasilkan uang dari blog. Tonggo juga mengajak para penulis di blog (blogger) tidak menyerah saat blog yang dia buat hanya dibaca oleh beberapa orang saja. “Coba ambillah topik blog atau tulisan secara spesifik jangan terlalu meluas,” kata Tongga Simagunsong, Sabtu (24/11/2018).

Pada hari yang sama, selain seminar kepenulisan, dilaksanakan juga perayaan ulang tahun Komunitas Veritas ke-6. Perayaan ditandai dengan meniup lilin dan pemotongan kue. Peniupan lilin dan pemotongan kue dilakukan secara bersama oleh: pembicara seminar (Tonggo Simangunsong), Pembina Komunitas Veritas (Truly Okto Purba), ketua BPH Komunitas Veritas (Frengky Purba), Ketua Panitia FESTA 2018 (Abdi Restu Zebua), perwakilan KKM dari KKM Tarik Suara (Gita Siregar) dan perwakilan peserta seminar Ario Riski. Sementara itu, pembagian kue diberikan langsung oleh Ketua BPH Veritas.

PEMOTONGAN kue ulang tahun Komunitas Veritas ke-6 di Aula Unika Santo Thomas Medan, Sabtu (24/11/2018). (FOTO: NITA SURTIKA)

Sebuah puisi dari tiga anggota Komunitas Veritas: Merlina Nazara, Elseriani Nainggolan, dan Moni Florentina mewarnai pemotongan kue tersebut. Judul puisi yang dibawakan adalah: Veritas Bagian dari Hidupku.

“Kami berharap, dengan perayaan ini, Komunitas Veritas lebih berkembang dan tetap semangat dalam berkaya,” kata Ketua BPH Komunitas Veritas, Frengki Syaputra Purba seusai acara.

TIGA anggota Komunitas Veritas membacakan puisi dalam perayaan ulang tahun Komunitas Veritas ke-6 di Aula Unika Santo Thomas Medan, Sabtu (24/11/2018). (FOTO: NITA SURTIKA)

Satu acara lainnya yang dilaksanakan hari Sabtu (24/11/2018) adalah pengumuman dan penyerahan hadiah Lomba Groufie (Group Foto dan Video) perayaan ulang tahun Komunitas Veritas ke-6. Dalam lomba ini, para peserta pengirim video diminta melakukan kreatifitas dalam mengucapkan Selamat Ulang Tahun Komunitas Veritas ke-6 secara grup dan diposting di akun Instagram masing-masing dengan mention @Komunitas Veritas dan membuat hastag (#) 6TahunVeritas.

Video yang berdurasi pendek ini memberikan kesan yang bagus dan menarik. Adapun pemenang lomba video adalah: @Tio Mahulae (juara 1), @josuahasugian17 (juara 2), dan @samosir.dani (juara 3).

PARA pemenang lomba groufie kategori video. (FOTO: NITA SURTIKA)

Sedangkan untuk foto, peraturannya sama dengan video, yakni menunjukkan bagaimana partisipasi peserta, dalam mengucapkan Selamat Ulang Tahun Komunitas Veritas ke-6. Adapun pemenang lomba foto adalah: @Tio Mahulae (juara 1), @sryrejeki_sinaga (juara 2), @josuahasugian17 (juara 3), dan @samosir.dani (juara harapan). Para pemenang lomba ini mendapat hadiah uang tunai, paket buku, dan suvenir.

PARA pemenang lomba groufie kategori foto. (FOTO: NITA SURTIKA)

Abdi mengatakan, kegiatan lainnya yang dilaksanakan adalah Lomba Menulis Cerpen, Puisi, dan Opini Tingkat Nasional. Pengumuman dan penyerahan hadiah lomba ini, kata Abdi seharusnya dilaksanakan tanggal 24 November 2018, namun karena kendala tekni, maka lomba diundurkan. “Pengumumannya dilaksanakan hari Sabtu tanggal 22 Desember 2018,” kata Abdi.

Koordinator Lomba Menulis Cerpen, Puisi, dan Opini, Putri Fortuna Nainggolan mengatakan, panitia menerima 331 naskah dari seluruh Indonesia dengan rincian, 178 naskah puisi, 78 naskah cerpen, dan 75 naskah puisi. “Kami gembira dengan antusias para peserta mengikuti lomba ini. Kami berharap lomba menulis ini menjadi media untuk mengembangkan bakat para penulis Indonesia dan meningkatkan kualitas literasi di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara,” kata Putri.(Frederika Sarumaha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *