Kami Beralih ke Online

Kami Beralih ke Online

BULAN Juni 2018, tepatnya tanggal 4, Majalah Mahasiswa VERITAS UNIKA resmi berusia 5 tahun. Diterbitkan pertama kali pada tanggal 4 Juni 2013 lalu, VERITAS UNIKA telah terbit sebanyak 13 edisi (edisi April-Juni 2018).

Kami, KOMUNITAS VERITAS sebagai penerbit VERITAS UNIKA patut berbangga hati karena selama 5 tahun, kami masih bisa bertahan dengan segala sumber daya yang ada untuk menerbitkan VERITAS UNIKA.

Di awal berdiri, kami memproyeksikan VERITAS UNIKA terbit per dua bulan, tetapi karena tingginya biaya produksi dan penjualan yang tidak mencapai target, VERITAS UNIKA harus mengalami pasang surut. Kadang terbit, kadang berhenti. Untuk meminimalkan biaya produksi, VERITAS UNIKA pun diterbitkan per tiga bulan. Meski begitu, ancaman berhenti terbit tetap saja terjadi. Masalah utama tetap di biaya produksi.

Namun 1,5 tahun terakhir, VERITAS UNIKA mulai on the track (berada di jalurnya), rutin terbit per tiga bulan. Tapi ancaman berhenti terbit tetap saja menghantui. Dan itu kami rasakan sejak akan menerbitkan VERITAS UNIKA edisi 14 (Juli-September 2018). Alasannya, kenaikan harga kertas yang dipengaruhi naiknya nilai tukar dollar AS terhadap rupiah membuat biaya produksi semakin tinggi.

Sepanjang bulan Juni 2018, kami intens bertemu dan mendiskusikan penerbitan VERITAS UNIKA edisi 14. Kami mencoba melirik darimana lagi sumber pendanaan untuk menerbitkan VERITAS UNIKA. Kami berharap bisa terus terus terbit secara rutin. Namun, biaya produksi yang terus meningkat dan kendala teknis lainnya membuat kami harus realistis.

Setelah bertemu untuk yang kesekian kali, maka dengan berat hati, VERITAS UNIKA berhenti terbit mulai edisi 14 (Juli-September 2018). Sungguh keputusan yang mahaberat untuk kami. Tapi sekali lagi kami harus realistis.

Selama masa berhenti ini, kami tetap berkumpul dan berdiskusi menyiapkan format baru penerbitan VERITAS UNIKA. Akhirnya, kami sepakat untuk mengalihkan penerbitan VERITAS UNIKA dari format print (cetak) ke format digital (online). Inilah hasilnya, www.veritasunika.com.

Sejatinya tak ada perbedaan isi setelah VERITAS UNIKA beralih ke online. Hanya formatnya saja yang berbeda. Informasi-informasi yang semula disajikan secara print (cetak), kini disajikan secara langsung (online). Peralihan VERITAS UNIKA ke format digital (online) juga merupakan jawaban atas tantangan media di zaman yang serba digital. Artinya, di zaman yang serba digital ini, kami juga harus melakukan adaptasi, jika tak ingin tertinggal dan ditinggalkan.

Akhir kata kami menyampaikan banyak-banyak terimakasih untuk kesetiaan seluruh civitas akademika VERITAS UNIKA dan menjadikan VERITAS sebagai salah satu referensi bacaan di kehidupan kampus baik sejak dalam format cetak hingga ke format online. Terima kasih juga untuk semua saran dan kritik yang diberikan, baik melalui inbox FB dan messanger, maupun secara langsung. Kami berupaya menyajikan informasi yang terbaik bagi pembaca sekalian. Teruslah mendukung kami. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *