Cultural Exchanges Mahasiswa Unika dan California Baptist University (USA)

Cultural Exchanges Mahasiswa Unika dan California Baptist University (USA)

UNIKA, VERITAS – Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Sastra Inggris mendapat kunjungan dari tujuh mahasiswi California Baptist University (CBU). Mereka menggelar cultural exchanges workshop (pertukaran budaya) di ruang kuliah FKIP, Rabu (16/5/2018).

Ide kegiatan ini datang dari mahasiswa Fakultas Sastra yakni Hari Kristian Samosir yang melihat bahwa budayalah yang menyatukan manusia. Hari pun berinisiatif mengundang teman-teman mahasiswi dari USA untuk bertukar budaya dengan mahasiswa Unika Santo Thomas Sumatera Utara dari aspek cara belajar, budaya, kepercayaan, kehidupan mahasiswa. Dalam kegiatan ini, mahasiswa Fakultas Sastra bekerja sama dengan kelompok English Club Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang diketuai Deardo Purba.

Sebanyak 50 mahasiswa dan dosen ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Ketua Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris, Viator Lumbanraja, berkesempatan memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut.

Pantauan VERITAS UNIKA, kegiatan pertama yang dilakukan dalam workshop ini adalah ‘Ice Breakers’ yang diadakan di Lapangan Reformasi Unika. Ice brekers yang dilakukan adalah “getting to know you” bertujuan membuat mahasiswa/i unika dan mahasiswi CBU (California Baptist University) saling mengenal satu sama lain.

Setelah ice breakers seluruh peserta kembali ke ruangan untuk mendengar presntasi oleh mahasiswi CBU tentang kehidupan kampus mereka dan fasilitas yang dimiliki universitas mereka. Setelah mendengar presentasi, mahasiswa/i Unika diberi waktu untuk saling bertanya dan bertukar informasi. Di sesi tanya jawab banyak pertanyaan-pertanyaan menarik yang dilemparkan mahasiswa/i. Salah satunya adalah “ how do you guys become friends, because you are from diffrent majors and levels of study?”. Pertanyaan ini direspon oleh Keith (mahasiswi CBU) dengan menyatakan “ in our university it is normal to make friends from diffrent level of study. Everyone is worth an acceptance for us”, yang berarti di USA umur dan tingkatan semester tidak membatasi hubungan antar mahasiswa untuk bekarja sama dan berteman.

Workshop dilanjutkan ke kegiatan utama yaitu group discussion yang dibawa oleh mahasisiwi CBU dengan mengangkat topik “ how to set your goal”. Diskusi bertujuan untuk berdiskusi dan menemukan solusi untuk mencapai impian-impian sebagai pelajar di universitas. Diskusi dibagi menjadi delapan group dan setiap group diisi satu mahasiswi CBU. Diskusi berlangsung seru dan mahasiswa/i aktif berkomunikasi satu sama lain menggunakan bahasa Inggris. “Saya sangat senang dengan workshop ini. Saya dapat pengalaman pertama saya berbicara dengan delapan native speaker dan dapat langsung berlatih bahasa inggris saya dengan mereka,” kata Devi, mahasiswa Sastra Inggris kepada VERITAS UNIKA, Mei lalu.

Kegiatan ini diakhiri dengan penyampaian kesan akan kegiatan workshop yang ditujukan kepada mahasiswi CBU oleh beberapa mahasiswa/i Unika. Ada juga pemberian bingkisan yaitu makanan khas dari suku Batak Toba dan Batak Karo kepada mahasiswi dari California Baptist University.(Hari Kristian Samosir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *