Biarpun Ngekos, Jangan Lupa Jaga Kesehatan

Biarpun Ngekos, Jangan Lupa Jaga Kesehatan

JADI anak kos dan jauh dari orangtua tentu punya suka duka. Sukanya adalah melatih diri lebih disiplin sebagai untuk masa depan yang lebih baik. Dukanya? Mungkin lebih banyak dari sukanya ya. He… Salah satu dukanya jadi anak kos barangkali ada pada persoalan kesehatan. Karena jauh dari orangtua, anak kos kerap melalaikan kesehatan.

Kesehatan adalah salah satu prioritas hidup. Bagaimana mungkin bisa belajar dengan baik dan meraih prestasi, kalau ternyata kamu sakit. Iya nggak sih? Nah, mengingat pentingnya kesehatan ini, ada baiknya kamu jangan lupa menjaga kesehatan. Kalau mau hidup sehat, ikuti langkah-langkah ini ya.

 

1. Mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna

Menjaga kesehatan tubuh dengan cara mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna merupakan salah satu cara yang sangat efektif. Karena dengan mengonsumsi makanan tersebut kamu bisa terhindar dari berbagai penyakit.

Makanan yang terdiri dari sayuran, buah buahan, susu, kacang kacangan, daging, dan susu ini sangat efektif dikonsumsi oleh tubuh manusia. Namun perlu diingat, sebelum dikonsumsi masaklah makanan tersebut sampai matang. Hal ini bertujuan agar bakteri dan kuman mati karena suhu yang panas.

2. Mengonsumsi makanan yang berserat

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat menjadi salah satu tips menjaga kesehatan tubuh yang sangat efektif. Hal ini dikarenakan serat dapat melancarkan kotoran yang ada ditubuh kita agar cepat keluar.

Dalam arti lain, serat dapat memperlancar proses pencernaan manusia. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung serat seperti mengonsumsi jagung, buah buahan, sayur sayuran, kacang kacangan, dan masih banyak lagi.

3. Istirahat yang cukup

Pengertian kesehatan tubuh yaitu kondisi dimana tubuh tidak merasakan suatu gejala penyakit tertentu. Ada berbagai cara menjaga tubuh agar tetap sehat salah satunya adalah istirahat yang cukup.

Tidak hanya mengonsumsi makanan yang bergizi saja, namun kamu juga harus tidur yang cukup untuk meristirahatkan organ tubuh anda setelah melakukan kegiatan sehari hari. Anda sebaiknya harus tidur dengan jangka waktu 7 sampai 8 jam setiap harinya.

4. Olahraga teratur

Setelah mengonsumsi makanan yang bergizi didalam kegiatan sehari hari. Tentunya kamu harus membakar lemak baik yang jenuh maupun tidak dengan cara berolahraga. Jika anda menginginkan tubuh yang sehat sebaiknya kamu berolahraga dengan teratur.

Karena jika kamu hanya makan dan beristirahat dengan cukup saja tetapi tidak diimbangi dengan olahraga maka tubuh anda akan gampang terkena penyakit. Olahraga juga tidak harus dilakukan setiap hari. Misalnya kamu melakukan jogging dan berenang pada waktu weekand.

5. Perbanyak minum air putih

Siapa sangka ternyata air putih dapat menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Air putih sangat berguna bagi tubuh seperti dapat mengisi cairan dalam tubuh, menambah energi, melancarkan peredaran darah, dan masih banyak lagi. Maka dari itu banyak ahli kesehatan yang menganjurkan setidaknya manusia dalam sehari harus minum air putih sebanyak dua liter.

6. Kurangi mengonsumsi kafein dan rokok

Kita semua tahu bahwa mengonsumsi kafein dan rokok sangat tidak baik bagi tubuh manusia. Mengonsumsi kafein dan rokok berlebihan dapat membuat sistem kekebalan tubuh dan bagian organ dalam manusia terganggu. Mengonsumsi kafein dan rokok juga sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh wanita. Karena dapat menimbulkan gangguan pada janin dan bahkan kematian.

Nah, enam cara menjaga kesehatan tubuh diatas dapat dijadikan referensi kamu dalam menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Untuk lebih efektif kamu disarankan mengonsumsi vitamin atau suplemen agar tubuh lebih sehat dan kuat.(Frederika Sarumaha/tipskesehatantubuh.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *